Sistem Rekrutmen dan Seleksi Calon Mahasiswa

Universitas memiliki pedoman Sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa. Terdapat tiga jalur dalam penerimaan calon mahasiswa PS Agribisnis yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Bengkulu (SPMU). Penerimaan calon mahasiswa memiliki rasio SNMPTN paling sedikit 40%, SBMPTN paling sedikit 30%, dan SPMU paling banyak 30%. Seleksi jalur SNMPTN dilakukan berdasarkan nilai Rapor selama menjadi siswa pada tingkat sekolah menengah. sedangkan pada jalur SBMPTN dan SPMU, calon mahasiswa diseleksi berdasarkan ujian tertulis yang meliputi tes kemampuan dasar (TKD) dan tes kemampuan dan potensi akademik (TKPA). Informasi tentang seleksi calon mahasiswa dilakukan secara terbuka melalui media masa dan internet (Website Resmi UNIB www.unib.ac.id).
Setelah dinyatakan lulus seleksi, calon mahasiswa melakukan registrasi dengan melengkapi syarat yang telah ditentukan oleh Universitas Bengkulu diantaranya mengisi biodata calon mahasiswa, membayar uang kuliah tunggal (UKT) serta pembuatan kartu tanda mahasiswa (KTM) dan tes kesehatan (cek fisik dan tes narkoba).

Profil Mahasiswa: Akademik, Sosioekonomi, Pribadi (Termasuk Kemandirian dan Kreatifitas.

Karakter mahasiswa PS Agribisnis ditinjau dari latar belakang sosial ekonominya dapat dijelaskan sebagai berikut. (a) usia diantara 18-21 tahun (b) daerah asal mahasiswa selain dari Provinsi Bengkulu meliputi provinsi lain Sumatra Selatan, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Lampung, Jambi, Nangroe Aceh Darussalam, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Papua Barat. (c) Pekerjaan orang tua diantaranya Petani, PNS, pedagang, dan Wiraswasta dengan rentang penghasilan orang tua Rp.1.000.000-Rp.5.000.000 / bulan. Mahasiswa PS Agribisnis memiliki minat untuk mengembangkan kemampuan diri, baik pada bidang akademik maupun non akademik. Minat dan bakat tersebut dapat dikembangkan melalui wadah yang disediakan, baik jurusan maupun di luar jurusan misalnya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Dalam kegiatan pengembangan kemampuan, mahasiswa dilatih untuk menjadi lebih mandiri dan kreatif sehingga dapat menghasilkan prestasi yang membanggakan PS Agribisnis. Kegiatan yang bersifat mandiri yang dilaksanakan mahasiswa diantaranya menjadi peserta kegiatan maupun anggota panitia.

Kreativitas mahasiswa PS Agribisnis dibuktikan dengan adanya mahasiswa yang mengikuti berbagai program kompetisi baik tingkat lokal, regional, nasional serta internasional. Sebagian dari mereka telah berhasil meraih prestasi menjadi juara pada kompetisi tersebut. Kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa PS Agribisnis antara lain kompetisi di bidang seni, olahraga, karya seni, dan penelitian. Satu di antara prestasi yang diraih oleh mahasiswa yaitu pada tingkat nasional yakni menerima Program Hibah Bina Desa (PHBD) yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti tahun 2016, yaitu mahasiswa yang bernama Hari Laksamana. Pada tingkat internasional mahasiswa PS Agribisnis lolos dalam program Student Exchange Program Between University Of Bengkulu And Rajamangala University Of Techonology Srivijaya yang diselenggarakan oleh Universitas Bengkulu Tahun 2014 yaitu Yohana Tambunan dan Olivia Alfath Azhari pada tahun 2015.

 

Keterlibatan Mahasiswa dalam Berbagai Komisi yang Relevan

 

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan PS Agribisnis selalu melibatkan mahasiswa sebagai komisi-komisi kepanitian. Terdapat beberapa jalur kegiatan yang melibatkan mahasiswa diantaranya jalur akademik (sebagai Asisten Praktikum), jalur organisasi (HIMASETA) dan jalur khusus (Prestasi mahasiswa). Mahasiswa turut serta dalam berbagai kegiatan sebagai panitia baik kegiatan yang diselenggarakan jurusan maupun kegiatan yang dilaksanakan dosen (penelitian dan pengabdian). Selain menjadi panitia, mahasiswa juga dapat terlibat sebagai peserta secara langsung pada kegiatan tersebut. Contoh kegiatan yang melibatkan komisi-komisi kepanitian yaitu pelatihan penggunaan alat-alat analisis, kuliah umum dan pelatihan pasar kerja bersama dosen-dosen dan staf laboratorium. Pada kegiatan ini, selain menjadi panitia mahasiswa juga berperan menjadi peserta.

 

Kegiatan Ekstra-Kurikuler

 

Pembinaan (ektrakurikurer) mahasiswa terdiri dari bidang karya ilmiah, olah raga, kerohanian, seni, kemanusiaan, dan lingkungan. Para mahasiswa mengekspresikan minat dan bakatnya dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan yang terhimpun dalam berbagai unit kegiatan mahasiswa (UKM) dan himpunan mahasiswa jurusan.


Akivitas mahasiswa dalam berbagai kegiatan minat dan bakat tersebut berada di bawah pembinaan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Ketua Jurusan, dan Dosen Pembina UKM. Melalui wadah UKM tersebut mahasiswa PS Agribisnis dapat menuangkan gagasan dan kreativitas sesuai minat dan bakatnya bersama-sama dengan mahasiswa dari PS dan fakultas lain. Dengan cara itu mahasiswa PS Agribisnis memiliki jaringan sosial yang baik di lingkungan Universitas Bengkulu sehingga turut mendorong prestasi mahasiswa PS Agribisnis. Berbagai prestasi mahasiswa yang diraih dalam minat dan bakat seperti mendapatkan Program Hibah Bina Desa (PHBD), mendapatkan dana hibah PKM, PIMNAS, Jambore KOPMA tingkat nasional, student exchange ke University of Srivijaya di Thailand dan UBB Kamboja, duta Bahasa, duta HIV/AIDS, putri pariwisata dan putri kampus.
Selain melalui wadah UKM, pengembangan minat dan bakat mahasiswa dilakukan melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan yaitu HIMASETA (Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian) yang di bawah pembinaan Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. HIMASETA sebagai wadah untuk mahasiswa Agribisnis memiliki bidang minat dan bakat yang bertujuan sebagai tempat mahasiswa Agribisnis untuk menyalurkan minat dan bakat. Mahasiswa yang memiliki bakat dibina dalam organisasi yang hasilnya mahasiswa diikutsertakan pada berbagai kompetisi yang lebih besar.
Kegiatan minat dan bakat tersebut terdiri dari latihan bola basket, latihan bola voli, latihan futsal dan latihan badminton. Pada acara ulang tahun PS Agribisnis, bidang minat dan bakat Himaseta menyelenggarakan acara Himaseta Family Day (HFD) yaitu perlombaan antar mahasiswa dan dosen Agribisnis. Adapun mata lomba yang diperlombakan yaitu futsal, voli, basket, menyanyi, stand up comedy, doodle art, dan akustik. Selain untuk mencari mahasiswa dengan bakat yang baik acara HFD juga sebagai sarana mahasiswa Agribisnis untuk mempererat silahturahmi dari seluruh angkatan.
Selain Himaseta, mahasiswa Agribisnis juga dapat menyalurkan minat dan bakat pada Radio Komunitas Agrivoice FM dan Kopmagri (Koperasi Mahasiswa Agribisnis). Radio Agrivoice mengudara pada frekuensi 107,7 FM dengan melakukan time sharing bersama Radio Komunitas Nice FM. Jam siaran setiap hari mulai jam 16.00–21.00 WIB. Selain radio, mahasiswa dapat menyalurkan minat dan bakatnya di Kopmagri. Kopmagri bertempat di gedung PS Agribisnis dan menyediakan aneka makanan ringan dan minuman. Kopmagri sebagai wadah melatih mahasiswa Agribisnis dalam hal berkoperasi.

 

Keberlanjutan Penerimaan Mahasiswa (Minat Calon Mahasiswa dan Kebutuhan Akan Lulusan Program Studi)

 

Keberlanjutan mahasiswa PS Agribisnis dapat dilihat dari kecendrungan meningkatnya jumlah peminat. Pada tahun 2012 jumlah peminat sebanyak 416 orang, tahun 2013 sebanyak 2.026 peminat, tahun 2014 jumlah peminat sebanyak 2188 orang, tahun 2015 jumlah peminat sebanyak 2298 orang dan tahun 2016 jumlah peminat sebanyak 1648 orang. Meskipun memiliki minat yang cukup tinggi, pada saat pemilihan jurusan yang akan dituju calon mahasiswa banyak yang menempatkan PS Agribisnis pada pilihan kedua atau ketiga.
Pada lima tahun terakhir, PS Agribisnis memiliki 339 lulusan sedangkan jumlah total mahasiswa sebanyak 763 mahasiswa. Kebutuhan lulusan PS Agribisnis yang diharapkan yaitu jumlah mahasiswa yang masuk sama dengan jumlah mahasiswa yang lulus. Sehingga tidak terjadi penambahan jumlah mahasiswa pada setiap tahunnya. Kenyataannya terdapat mahasiswa yang lulus lebih dari 4 tahun.